Widget edited by super-bee Widget edited by de-chieka

Jumat, 20 Juli 2012

Tips Puasa Yang TOP CER di bulan RAMADHAN + DOA

Puasa sebentar lagi, eh ndak puasa beso pagi, asyeeekkk ... tapi dalam berpuasa kita gak boleh dunk lemas, malas dan sampe sakit .. nah kali ini chiekha mau bagikan tips-tips biar tetap Fit dalam menjalani puasa .. 
chek it dot yach, Tips sederhana semoga bermakna.. :)

  1. Bahagia saat datangnya Ramadhan. nah hampir semua tips pasti di mulai dengan permulaan demikian, dan gak kurang jga aku akan tetap mengatakan hal yang sama.  Dengan hati yang bahagia epinefrin tereduksi, endorpin dan aktivitas glukagon meningkat sehingga tubuh lebih kuat menghadapi puasa. Lebih hebatnya lagi ternyata organ-organ tubuh kita sangat senang menghadapi puasa. Lambung, usus, ginjal, liver, kulit adalah 5 organ yang paling senang menghadapi puasa setelah mereka diporsir tiada henti di bulan-bulan sebelumnya. jadi intinya dengan hati yang bahagia puasa pun jadi istimewa.
  2.  Sahur itu penting !!!  dalam Hadist disebutkan bahwa “Bersabda Rasulullah SAW: “Sahurlah kamu, karena dalam sahur itu terdapat berkah yang besar”. Kenapa sahur penting bagi kita yang menjalankan puasa?. Saat menjalankan puasa tubuh kita tidak mendapatkan asupan gizi kurang lebih selama 14 jam. maka dari itu agar tubuh dapat menjalankan fungsi dengan baik, sel-sel tubuh membutuhkan gizi dan energi dalam jumlah cukup. Untuk makanan sahur sebaiknya pilih makanan berserat dan berprotein tinggi, tapi hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis yoowww.
  3. Makan Saat bersahur, disarankan untuk  makan buah-buahan agar menambah vitamin dan jangan lpa juga untuk sumber karbohidrat makanlah seperti nasi dan ubi-ubian yang dapat bertahan sampai berbuka puasa. Penting untuk bersantap sahur mendekati saat imsak loh.
  4. Minum Air yang banyak, eh tapi jangan banyak-banyak juga maksudnya minumlah yang cukup. Hidrasi adalah hal terpenting selama puasa Ramadhan. Setelah berbuka puasa, Anda harus minum dalam jumlah besar. Anda juga harus minum saat bersahur. Kebutuhan hidrasi tubuh adalah sekitar 1,5 liter per hari.
  5. Meskipun puasa dimulai dari matahari terbit sampai terbenam, Anda sebaiknya tetap makan tiga kali sehari: yang pertama saat bersahur, yang kedua saat berbuka dan yang ketiga sekitar 2 atau 3 jam setelah berbuka.
  6. Stop Marah, Kurangi Emosi. Rasulallah bersabda bahwa puasa itu bukan hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga menahan nafsu. Dengan kata lain tujuan puasa adalah mengatur pola emosi, belajar bersabar dan berupaya mendekatkan diri kepada Allah. Secara psikologis ini mempengaruhi mental-spiritual kita, dengan mengendalian emosi membuat jiwa kita tumbuh lebih sehat, dan merasakan kedekatan dengan Allah membuat hati kita damai.
  7. Jangan tinggalkan olahraga, Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo. Namun untuk urusan ini pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka. Tarawih juga merupakan aktifitas yang dapat menjaga kebugaran. 
  8. Mengawali buka puasa dengan kurma dan air madu. Hal ini dapat memulihkan kadar gula darah dengan cepat. Eit, jangan langsung makan berat ya, sholat dulu. Hindari berbuka dengan minuman dingin atau es, karena akan menyebabkan sirkulasi darah tidak optimal. Kurangi konsumsi makanan berlemak, makanan yang diawetkan, penyedap rasa, minuman bersoda dan bumbu berbau tajam (cuka, cabe dan asam). Jangan langsung berbuka dalam porsi besar. Mulailah dengan sup, kolak atau makanan pembuka lain dan tunggu sampai meresap di pencernaan sebelum makan besar.Kunyah makanan dengan baik agar kerja pencernaan menjadi ringan. Satu suap 33 kali kunyah. 
Segitu dulu ya tips dari aku, moga bermanfaat untuk diri sendiri dan juga teman-teman semua..selamat menunaikan ibadah puasa esok hari,,,  
eitzzzz tunggu,,, sekalian aq selipkkan doa-doa untuk bulan suci Ramadhan,, 

1. Niat Puasa Ramadhan yang dibaca sekali dalam satu bulan ketika malam pertama tarawih :
Niat puasa yang dibaca sebulan sekali
Dibaca   : Nawaitu shauma sahri ramadhana Kullihi Lillahi ta’ala.
Artinya : Sengaja aku berpuasa sebulan pada bulan Ramadan tahun ini kerana Allah Taala

2. Niat Puasa Ramadhan yang dibaca setiap malam :
niat_harian_puasa
Dibaca   : Nawaitu shauma gadhin ‘an ada-i fardhi sayahri ramadhani hadzihis-sanati  lillahi ta’ala.
Artinya : Aku berniat puasa esok hari untuk melaksanakan kewajiban bulan ramadhan tahun ini kerana Allah Taala.

3. Do’a Berbuka Puasa Ramadhan :
doa buka puasa
Dibaca   : Allahuma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika aftartu birahmatika ya arhama rohimin.
Artinya : Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka, Maha besar Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang.


Sekian ... ^^
Comments
1 Comments

1 komentar:

kalo menurut ente, cak ana ???